Kemarin, sebuah sms masuk ke telepon genggam saya. Bunyinya,”Sama gajinya si X noohh.., kasihan dia ndak makan, pantesan wkt nongkrongin bos, g srh2 makan dulu sambil ng kbr dia blg nanti-nanti. Brusan sampe ktr, bru dia blg ndak py uang tuk mkn. Akhirnya dibeliin salah seorang kolega di kantor.”

Sedikit miris melihat sms tersebut saya hanya membalas bahwa, saya belum terima voucher untuk pengeluaran gaji si X. Kalau saja voucher itu sudah saya terima saya pasti akan langsung membuatkan cek agar gaji si X bisa keluar segera. Namun kenyataannya yang bertanggungjawab masalah gaji bukanlah saya.

Buat saya, menahan hak seseorang adalah kesalahan dan saya sebisa mungkin untuk tidak melakukan hal tersebut. Kebetulan saja untuk minta approval dari si bos memakan waktu lama karena tidak hadirnya beliau di kantor. Kalaupun saya sodorkan cek kosong apakah beliau mau manandatanganinya ?

Baiklah bukan perihal pekerjaan saya yang ingin saya ceritakan saat ini.

Saya mau berbagi mengapa Dana Darurat itu perlu dan penting.

Andai saja kolega saya X itu punya Dana Darurat pastinya dia tidak perlu sampai tidak makan selama sehari penuh kemarin, karena belum turunnya gaji.

Berapa banyak dari kita yang masih meremehkan Dana Darurat ?

Keadaan kolega saya itu tentunya mencerminkan kondisi cashflow  keuangannya.

Bagaimana sih supaya gaji kita tidak sampai minus sebelum menerima gaji berikutnya ?

Coba kita cek lagi keadaan kita yang sebenarnya, are we living the life we deserve ? Apakah kita hidup sesuai dengan kemampuan kita dalam menghasilkan uang?

Apakah kita sudah menyisihkan minimal 10% dimuka dari penghasilan setiap bulannya ?

Kebanyakan kita tidak peduli yang penting ada uang ya bisa belanja, jalan- jalan dan sebagainya sehingga kita lupa untuk menyisihkan uang didepan agar tidak terpakai.

Padahal menabung untuk Dana Darurat adalah hal yang penting dan perlu.

Coba ubah cara pikir kita tentang menyisihkan uang sebagai tabungan. Jangan menunggu sisa uang dari gaji tapi usahakan untuk menyisihkan didepan dan langsung masuk ke tabungan.

Besarnya Dana Darurat bisa dilihat disini

Switch the way you think about saving🙂