Kali ini saya mau berbagi mengenai Dana Kesehatan Pensiun.

Apakah yang dimaksud dengan Dana Kesehatan Pensiun ?

Dana Kesehatan Pensiun adalah dana yang digunakan untuk pengobatan apabila kita mengalami sakit saat pensiun.

Tentunya saat pensiun, kita tidak lagi bekerja menghasilkan uang untuk keperluan sehari- hari.

Nyatanya, setiap orang menua dan  dapat saja jatuh sakit dari sakit ringan sampai yang memerlukan perawatan intensif di rumah sakit.

Sayangnya, saat kita tua tidak ada lagi asuransi kesehatan yang mau mengcover kesehatan kita mengingat resiko penyakit yang dimiliki orang lanjut usia sangatlah besar.

Beberapa waktu lalu, seorang kolega yang sangat senior di kantor harus dirawat di rumah sakit. Tentunya sudah tidak ada lagi asuransi kesehatan yang mau mengcover rawat inap beliau. Bersyukur bahwa pihak perusahaan memberikan tunjangan penggantian rawat inap sebesar 80% dari jumlah pembayaran rumah sakit.

Lain halnya dengan seorang teman dari salah satu anggota keluarga. Beliau tidak menikah dan masih harus berjualan kue dengan cara dijinjing  untuk memenuhi kebutuhan sehari- harinya.

Tanpa kita sadari mungkin saja kita dapat mengalami hal tersebut diatas bila kita tidak segera mempersiapkan Dana Kesehatan Pensiun mulai dari sekarang.

Tentunya kita tidak mau sampai waktu kita tua nanti menyusahkan anak dan cucu kita.

Cara menghitung Dana Kesehatan Pensiun pun dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Misal, kira- kira dana yang kita butuhkan untuk setiap bulan mengobati sakit kita dikali dengan berapa lama kita mau berjuang dan mengobati sakit kita.

Nah jumlah itulah yang kita kejar untuk nilai masa depannya dengan menggunakan instrumen investasi yang sesuai dengan profil resiko Anda.

Selamat Merencanakan Dana Kesehatan Pensiun Anda🙂