KARTU….

Banyak hal yang pertama kali muncul ketika kata “kartu” terbaca.

Bisa jadi Anda memikirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Identitas Karyawan, Kartu Kredit, Kartu ATM dan lainnya.

Saya ingin berbagi mengenai keajaiban kartu selain KTP tentunya.

KARTU DEBIT dan KARTU ATM

Kartu debit dan ATM : kartu khusus yang diberikan oleh bank kepada pemilik rekening yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara elektronis atas rekening tersebut. Pada saat digunakan bertransaksi, akan langsung mengurangi dana yang tersedia di rekening.

Jika kartu digunakan di mesin ATM maka kartu tersebut dikenal dengan kartu ATM. Sedangkan bila kartu digunakan di mesin EDC (Electronic Data Capture) maka kartu tersebut dikenal dengan kartu debit.

KARTU KREDIT

Kartu kredit: kartu yang diterbitkan oleh bank penerbit yang menggunakan sistem kredit. Pada saat digunakan bertransaksi, bank penerbit memberikan kredit atau hutang atau meminjamkan uang untuk pembayaran dari barang yang kita beli. Yang artinya “Berani Gesek Berani Bayar”.

Jadi saat pemilik kartu menggesekkan kartu, maka bank penerbit membayarkan lebih dahulu jumlah pembelanjaan kepada toko dimana pemilik kartu berbelanja. Saat tiba tanggal cetak tagihan maka transaksi yang telah dibayarkan bank ditagihkan kepada pemilik kartu.

Di jaman yang serba canggih ini, masih banyak orang yang menolak menggunakan kartu kredit!

Alasan yang terlontar pun beragam, mulai dari takut kebablasan memakai kartu kredit sampai pernah punya masa lalu buruk dengan hutang kartu kredit yang menggunung. Padahal dengan adanya kartu kredit, menjadikan hidup kita lebih mudah dan praktis. Kita tidak perlu membawa uang dalam jumlah yang banyak serta semua pengeluaran dengan menggunakan kartu kredit dapat dengan mudah kita lihat di lembar tagihan sehingga kita tahu untuk apa saja uang kita belanjakan. Belum lagi tawaran menarik dari program kartu kredit yaitu pay one get two, double reward point, redeem reward point, diskon di swalayan sampai cicilan 0%!

Tentunya semua kembali kepada kontrol diri masing- masing agar tidak terjerat hutang kartu kredit dengan jumlah bunga yang berkisar antara 45- 48% per tahun.

Berbelanjalah sesuai dengan kemampuan Anda membayar🙂

“Enjoy today while preparing for tommorow”