Image

Kultwit dari @mrshananto mengenai pengalamannya membeli rumah🙂

#finclic tentang Beli Rumah Ya! Mulai dari Rumah ngontrak, ngumpulin DP, beli Rumahnya, sampai ngisi rumah dan… Pindahan😉 are you ready?

Waktu baru menikah, kami memutuskan untuk ngontrak dulu. Rp15jt/thn, kontrak 2 tahun, jauh di Kota Wisata Cibubur. Yang penting mandiri #finclic

Dari angpau resepsi kawin, bokap bilang boleh buat gw semua hore… Jadi dipake buat ke Bali + kontrakan + isi rumahnya. Abis deh! :) #finclic

Mending ngontrak atau beli? Mitosnya, kalo ngontrak sayang uangnya. Padahal faktanya kalo beli ada konsekuensi keuangannya lho #finclic

Kenapa gak beli rumah aja? Lah duitnya gak ada gimana mau belinya coba? Dengan 15juta? Bisa sih, tapi princess tea pan :p #finclic

Ngisi rumah kontrakan itu kerasa berat banget. Tapi dapat set tempat tidur dari nyokap. TV dari om nya @dondihananto & sofa dari tante gw :D #finclic

Pertimbangan kontrakan: dihitung dengan kemampuan bayar sewanya » dibanding penghasilan bulanan / tahunan. Juga untuk tahu neighbourhoodnya #finclic

Ngontrak: temporary. Beli rumah: almost permanent. Itu bedanya! Udah siap yang mana? #finclic

Konsekuensi keuangan beli rumah» banyak yang gak ngeh lho. Ada DP, cicilan, pajak, BPHTB, biaya notaris, dll. Jangan lupa biaya ngisinya🙂#finclic

Tapi biar gimana juga, punya rumah sendiri itu kebahagiaan tiada tara. I’m encouraging everyone to own your own home #finclic

Kapan beli rumah? Waktu sudah mampu » dengan segala konsekuensinya. Cicilan rmh = kontrakan bukan alasan untuk buru- buru beli rumah lho #finclic

Where would we live? My husband asked 12 years ago. Kemang, I replied with exclamation. Trus liat- liat dan kaget ternyata gak sanggup#finclic

Mending apartemen atau rumah? Menurut gw mah itu preference. Ada yang siap hidup di apartemen. Ada yang maunya rumah. Ya diitung aja #finclic

Kami ngontrak 2 tahun. Azra lahir 2002. Rumah kecil itu kerasa sempit banget. Jadi cari kontrakan baru, yang lebih besar, ternyata lebih mahal #finclic

Hehehe beli DP digedein, mobil dilunasin biar mampu cicil RT @lita_anrea: rumah baru sekarang dirimu ngontrak? Nyicil? Atau beli cash?😀

Punya rumah untuk ditempati. Proses natural yang perlu dialami semua org. It is your nest. You are very emotionally attached to it #finclic

I am not here to “teach” you how to buy a house. Gw yakin banyak yang udah jago. I am sharing how I went through the process. It is fun :) #finclic

Gw selalu bilang #TujuanLoApa karena uang itu harus diperlakukan sebagai alat, yang bisa dipakai membuat hidup lebih baik. Jadi Dana Rumah bagus sekali#finclic

Tadi siang gw udah cerita prosesnya gw ngontrak dulu 2 tahun, baru berani beli rumah pertama. Ada DP, pajak+biaya, cicilan DAN renovasi #finclic

Duit terbatas, DP juga dibantuin mertua. Pinjaman termin forever :p maka renovasi + ngisi nya pelan- pelan banget! Nabung! Lemari 3 tahun, dapur 5 tahun#finclic

Mau pingsan, baru beberapa bulan plafon rumah ambrol dimakan rayap. Jadi minjem ke kantor. Utang lagi! Jadi utang rumah, mobil + plafon #finclic

Gak perlu nunggu financial freedom untuk beli rumah #finclic @ZerinaBanu

Rumah ke1 bisa dijual untuk support rumah ke2. Tapi saat ini gw belum berniat jual rumah ke1 @mumunomiku #finclic

Gw ngontrak 2 tahun, Azra lahir beli rumah ke1, Dena lahir ada apartemen 1, Demi lahir pindah ke rumah ke2. Di-plan sih🙂 pelan- pelan @dhaniaryanti #finclic

Moving to 2nd home? What  to do with 1st home? Bisa dipertahankan, disewakan, atau dijual. We have not decided ;) #finclic

Tentang apartemen. Gw gak pernah suka. Ini preference ya. Waktu di Australia juga gak di apartemen. Nginep di apartemen ortu+mertua pernah dan gak suka #finclic

Dengan jumlah penduduk banyak VS lahan sedikit » tinggal di apartemen harus jadi salah satu pilihan warga Jakarta. Urusan preference aja. Gw old school🙂#finclic

Rumah ke1 dipertahankan? Ongkos renovasi kusen- kusen yang udah dimakan rayap. Ongkos jagainnya. Ada ongkos lho. Musti dipikirin juga kan#finclic

Rumah itu barang. Gw selalu jelasin sama anak- anak “Things are less important than people”. Jadi penting juga gimana orangnya happy di dalamnya#finclic

Ada seminar- seminar yang ngajarin beli properti tanpa duit? Gw belum nemu yang gak boong ya. Karena yang gw udah cek, ngajarin nipu bank :p #finclic

Nipu bank efeknya apa? Ya itu 1998 menurut lo kenapa? Ya itu 2008 menurut lo kenapa? Pintu serakah diterobos #finclic

Properti banyak di mana- mana tapi utang bank juga banyak. Terus cicilan + ngurusnya udah siap? Yang penting gak maksain, sesuai kemampuan#finclic

Rumah ke1 waktu mau beli tu sampe bolak balik pagi siang malam. Kayak jatuh cinta. Dikecengin dari sisi mana aja cakep :) #finclic

Properti ke2 yang sekarang disewakan. Gw liat aja gak🙂 suami yang ngurus semuanya. Gw urus plan duitnya aja #finclic

Untuk properti disewakan, “nesting instinct” gw gak jalan🙂 terserah deh. Tapi begitu untuk ditempati, miss riweuh beraksi! #finclic

12 tahun lalu jalan- jalan ke daerah Kemang. Ngiler mau semuanya. Itungan cicilannya meletus. DPnya apalagi. Plan 17 tahun lagi. Maka ke Cibubur#finclic

Alhamdulillah tercapai 5 tahun lebih cepat. Gak nyangka. Rejekinya “ditentukan”. Ngurus uang yang udah di depan muka juga penting. Fokus banget#finclic

Waktu nyari- nyari rumah, gw nemu banyak banget rumah- rumah yang udah disita bank. Alasannya, yang beli “nipu”. Appraisal rmh > KPR rmh > harga rmh#finclic

Gw rekomen yang standar- standar aja. Kumpulin DP. Beli rumah dengan nyicil. Kita mampu bayar cicilannya » maks 30% gaji #finclic

Gw udah investasi rutin dengan sangat rapi 9 tahun terakhir. Selalu ada extra cash buat shopping/libur. Begitu ngisi rumah? Meletus :p #finclic

Untuk mengisi rumah, emosi lebih main lagi dibanding belinya. Apalagi gw gak mau nunggu lemari 3 tahun, dapur 5 tahun :) #finclic

Jadi untuk memastikan itu dapur gak dicicil pake utang, investasi berhenti dulu. Mobil juga gak ada yang dicicil. Biar cashflow aman #finclic

Napas masih tersengal- sengal nih dengan isi rumahnya. Padahal gw udah punya furniture basic yang masih dipake dari rumah lama lho. Emang gitu kok ;) #finclic

Hadapi konsekuensi beli rumah. Buat gw, jadi mobil 1 aja. Turinin budget liburan. Stop ke conference🙂 berdamai dengan kenyataan #finclic

Saya punya properti banyak sekali! / well, congratulations! are you actually happy? Yang punya Alila Uluwatu aja kalem banget tuh :p hihihi #finclic

Lanjutin #finclic yang kemarin. DP dulu, lalu itungan cicilan KPRnya, tahu semua biaya tambahan, dan isi rumahnya. Yang berat buat gw yang terakhir🙂

Untuk pindahan, gw rekomen jasa mover yah. Mereka profesional. Ada teknik angkat barang- barang. Gak tau yang mana. Gw sendiri kemarin gak pake mover#finclic

Waktu nyari rumah yang sekarang ya, DPnya dikit gak berani- berani. Nyokap gw dengan semangat nge-back up dan bilang gak usah takut pasti dibantuin :) #finclic

Soalnya untuk rumah baru ini, gw ada “batas” hanya bisa nyicil sampe jumlah tertentu. Jadi DPnya harus di angka tertentu juga #finclic

Biar kata ortu udah bilang mau bantuin juga kan kita kepikiran yah, gimana cara balikin duitnya? Masa termin mau forever🙂 jadi gak maksain#finclic

Akhirnya DP siap, cicilan udah sanggup. Rumahnya gak nemu- nemu🙂 ada Dondi, Azra, Dena yang ikut punya hak suara untuk memilih rumah🙂#finclic

Yang anak- anak suka, gw gak suka. Yang gw naksir, suami pikir renovasi kebanyakan. Suatu hari diajak agen. Masuk gerbang berempat teriak “wow” :) #finclic

Akhirnya ketemu si rumah baru ini, di sudut dekat- dekat Kemang. Dengan harga sesuai, lokasi sesuai, dan Demi jadi ada kamar sendiri :)) #finclic

Investasi 9 tahun :) #finclic RT @cia_tria: ngumpulin DP rumah berapa lama?

Rumah ke1 beli setelah nikah 2 tahun. DP pinjam mertua :)) udah lunas sih gak termin forever maluuuu hihihi @witrievandarren #finclic

Pindah. Bukan cuma rumahnya, berbagai ongkos lain berubah. Uang pangkal sekolah baru, SPP+ekskul, dll. Semua ngaruh ke cashflow#finclic

Jadi gw ceritanya gak mau “attached” sama rumah. Rumah ke-1 sebagai rumah ke-1. Rumah ke-2 karena ada anak ke-3 & mau jarak lebih dekat. Rumah ke-3 untuk pensiun #finclic RT @witrievandarren: seberapa penting punya rumah ke-2 dan seterusnya? Maksudnya itu untuk investasi atau untuk nyanguin anak- anak dikemudian hari?

Tapi itu kan rencana, gak tau jodohnya sama rumah seperti apa. Ini rumah ditempati ya. Emosi banget pas beli+ ngisinya. Beda dengan properti #finclic