Image

Awal tahun, suami saya memutuskan untuk mengganti mobil tua yang sudah sangat berjasa dengan mobil yang lebih baru.

Mobil lama kami sudah mulai tidak irit bensin dan sering bolak balik diperbaiki.

It is time to let go, walau banyak memori yang tinggal di mobil tersebut.

Diskusi panjang pun terjadi untuk menentukan mobil mana yang dapat memenuhi semua kriteria yakni kebutuhan dan kemampuan.

Kebutuhan, tentu saja kami perlu family car mengingat suami saya yang sangat senang bepergian ke luar kota menggunakan jalan darat serta merta mengajak anggota keluarga lain.

Kemampuan, memiliki kendaraan berarti harus siap dengan Owning, Running and Maintaining the vehicle.

Owning. Memiliki sebuah kendaraan baik motor ataupun mobil bisa dengan membeli tunai baru ataupun tunai bekas. Banyak juga  yang memilih untuk membeli kendaraan baik baru maupun bekas secara kredit.

Apabila memutuskan membeli secara kredit maka yang perlu diperhatikan adalah kemampuan mencicil setiap bulannya.  Maksimal cicilan kredit sebesar 30% dari Penghasilan Bulanan.

Mengapa begitu? Karena Pengeluaran setiap bulan bukan hanya membayar cicilan tapi masih ada Pengeluaran Rumah Tangga + Anak, Pengeluaran Pribadi serta Menabung + Investasi.

Kalau cicilan kredit kendaraan sudah mengambil 50% porsi penghasilan Anda per bulannya, apakah Anda masih mampu untuk membayar pengeluaran rutin seperti bayar listrik, air, telepon, berlibur, membeli BBM dan pengeluaran lainnya?

Untuk kasus saya dan suami, kami memutuskan membeli mobil baru dengan cara kredit. DP dibuat sekitar 50% dari nilai kendaraan dan dicicil selama tiga tahun saja.

Saya tidak rela kalau bunga cicilan mobil saja bisa mencapai lima puluh juta rupiah. Lebih baik beban bunga tersebut dialihkan untuk membeli aset aktif!

Running. Setelah memiliki kendaraan, tentunya kendaraan tersebut harus diisi BBM agar dapat berfungsi. Pemilihan BBM juga menjadi salah satu pertimbangan untuk memiliki kendaraan dikarenakan akan berlakunya Peraturan mengenai BBM bersubsidi.

Maintaining. Memiliki dan menjalankan kendaraan, selanjutnya adalah memelihara serta merawatnya. Sebut saja perawatan rutin berkala di bengkel, perpanjangan STNK, perpanjangan asuransi merupakan beberapa hal yang juga menjadi pertimbangan dalam memutuskan memiliki kendaraan bermotor. Belum lagi keinginan untuk melengkapi mobil dengan velg yang lebih bagus, karpet di dalam mobil, pelapis jok, audio system dan masih banyak lagi🙂