Bagi saya, merayakan ulang tahun anak sangatlah penting.

Saya sejak kecil selalu merayakan ulang tahun di rumah dan mama sayalah yang mempersiapkan semuanya.

Dari mulai makanan, kue sampai undangan.

Mama saya memang mama yang super!🙂

Merayakan ulang tahun anak saya merupakan momen penting dalam pencapaian saya sebagai seorang ibu.

Memiliki anak yang sehat dan cerdas tentunya merupakan pencapaian terbaik sebagai orangtua🙂

Tema ulang tahun Darren tahun ini adalah “Dinomite Party”

Ya, temanya dinosaurus!

3 minggu sebelum hari H, saya mulai browsing internet untuk mencari desain kartu undangan dan penjual kue bertemakan dinosaurus.

Budget ulang tahun pun sudah saya siapakan yang besarnya Rp1.500.000 yang diambil dari penghasilan tahunan saya bulan lalu yaitu THR.  Pengelolaan THR bisa di baca di sini

Budget yang sedang untuk undangan sebanyak 40 orang.

Lagipula bukan ukuran mewah atau tidaknya sebuah pesta namun memori si anak tentang hari ultahnya.

Dan menyenangkan sekali bahwa pada kenyataannya budget pesta ulang tahun anak bisa direncanakan jauh- jauh hari dan tanpa berhutang🙂

Undangan saya buat sendiri, saya mungkin bukan crafty mama yang pintar membuat kerajinan tangan namun saya ingin Darren bisa belajar dari saya bahwa kita dapat memanfaatkan barang- barang yang ada di dalam rumah sebagai undangan pesta tanpa harus membayar mahal percetakan.

Goodie bag pun saya buat sesederhana mungkin, desain saya contek dari internet dan meminta sahabat saya yang memiliki party organizer Cotton Cloud untuk membuat ucapan terima kasih. Isi goodie bag ada makanan kecil untuk anak- anak. Supaya spesial, saya tambahkan buah kelengkeng, pizza dan kue ulang tahun🙂

Untuk kue, saya pesan di tante suami yang kebetulan jago bikin kue. Kue tart di hias oleh suami dan mama saya🙂

Sedangkan untuk tempat, Darren merayakan ulang tahunnya di sekolah sehingga tidak perlu budget besar untuk menyewa tempat khusus.

Dan, ternyata budget yang sudah saya siapkan ternyata masih ada sisa🙂

Berikut ini  perincian biaya ulang tahun Darren yang ke-5 (dalam rupiah):

Keterangan Harga
Goodie bag beserta isinya 563.000
Pizza 413.000
Risol 140.000
Lilin dan perlengkapan pesta lainnya 160.000

Kue ulang tahun dihadiahkan sehingga keseluruhan pengeluaran untuk ultah Darren tahun ini sebesar Rp1.276.000

Kalaupun Anda tidak mendapatkan penghasilan tahunan untuk disisihkan sebagai budget ultah anak, Anda bisa menabung Rp100 ribu sampai Rp150 ribu per bulan. Mudah bukan?

Selamat merencanakan pesta ulang tahun anak🙂

Cheers,

@HoneyJT