pic from gettyimages

Oktober identik dengan breast cancer awareness month.

Apa sih breast cancer awareness month itu?

Breast cancer awareness  is an effort to raise awareness and reduce the stigma of  breast cancer through education on symptoms and treatment.

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang sifatnya silent killer.  Kebanyakan penderita diketahui memiliki kanker saat stadium akhir yang artinya sudah sedikit sekali kemungkinan untuk bisa sembuh.

Oleh sebab itu, kampanye dilakukan agar masyarakat sadar tentang pencegahan, pengobatan serta pengetahuan mengenai kanker payudara.

Siapakah yang beresiko tinggi menderita kanker?

  • riwayat anggota keluarga yang pernah menderita kanker
  • gaya hidup tidak sehat seperti merokok, jarang olahraga, mudah stres dst
  • usia yang semakin bertambah

Lalu, apa kaitannya dengan keuangan pribadi individu?

Jelas sangat erat kaitannya. Bayangkan saat seseorang sedang di puncak karir tiba- tiba mendapat vonis menderita kanker, rasanya dunia runtuh. Banyak yang mampu bertahan dan melawan penyakit tersebut namun tak jarang juga memilih menyerah dan tidak melakukan apa- apa padahal kanker dapat disembuhkan dengan rangkaian pengobatan dan perawatan yang cukup mahal.

Sering kita temui individu yang terpaksa menjual asetnya untuk mengobati penyakit kanker yang dideritanya. Sangat disayangkan apabila aset terpaksa harus dipindahtangankan ke orang lain.

Bagaimana caranya supaya kehilangan diatas dapat di cegah?

Hal pertama yang harus dilakukan setiap individu adalah memiliki gaya hidup sehat. Stres, kurang olahraga dan makan makanan cepat saji merupakan pemicu timbulnya penyakit kanker. Belum lagi faktor resiko berupa riwayat anggota keluarga yang pernah menderita kanker. Pencegahan kanker payudara dimulai dari diri sendiri berupa pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) setiap hari ke-8 setelah haid hari pertama. Perhatikan apakah ada benjolan, apakah benjolan tersebut membesar, apakah benjolan menimbulkan rasa sakit dan lainnya.

Selanjutnya, milikilah asuransi penyakit kritis bagi yang memiliki resiko tinggi seperti yang disebutkan di atas dan secara keuangan mampu. Asuransi penyakit kritis merupakan salah satu cara melindungi penghasilan maupun aset kita apabila diperlukan biaya yang besar untuk sembuh dari kanker. Sehingga saat individu terkena penyakit kritis, ada sejumlah uang yang diberikan pihak asuransi sebagai biaya untuk berobat. Namun perlu diperhatikan term and condition dari asuransi penyakit kritis yang beredar. Jangan sampai saat sakit, Uang Santunan jumlahnya tidak cukup mengobati penyakit kritis.

Saat ini, sudah tersedia asuransi Early Stage Crisis Cover (ESCC) yang berfungsi memberikan santunan pengobatan saat terdeteksi penyakit kritis misalnya kanker. Saat terdeteksi, akan dilakukan serangkaian operasi, biopsi dan kemoterapi. Nah, tentunya semua itu memerlukan biaya yang cukup besar, sebab itulah ESCC hadir agar individu yang tervonis memiliki kanker dapat langsung bertindak untuk melakukan pengobatan secara tepat.

Semoga bermanfaat!

Cheers,

@HoneyJT