Image

 

Yes! It is End of Year Sale!

SALE di mana-mana!

Saya sendiri awalnya tidak terlalu peduli dengan sale akhir tahun, palingan berapa sih harga yang bisa dipotong?

Seringkali saya melihat Sale up to 70%, yang artinya tidak semua barang mendapatkan potongan harga sebesar 70% itu. Karena itu, saya jadi suka sebal karena barang yang diinginkan tidak murah-murah amat!

Minggu lalu, setelah ibadah perayaan Natal di gereja, saya menyempatkan makan malam bersama orangtua dan keluarga kecil saya di sebuah mal Jakarta Selatan.

Sambil menunggu makanan yang dipesan tiba, mami (panggilan kepada ibu) saya mengajak melihat item barang yang sedang didiskon.

Awalnya hanya melihat-lihat namun setelah tahu celana kerja pria diskon 70% maka saya akhirnya menenteng satu kantung belanjaan yang isinya 2 potong celana untuk suami saya dan papi (panggilan kepada ayah) saya.

Total pembelanjaan saya untuk 2 potong celana tersebut adalah Rp.173.000 saja!

Murah sekali! dan saya jadi ingin kembali melihat sale yang diadakan mal tersebut🙂

Beberapa tips agar Anda bijak dalam berbelanja saat End of Year Sale tiba:

  • NEED vs WANT. Buat list apa keperluan Anda, dengan begitu akan lebih mudah  menentukan apa yang akan dibeli tanpa melirik barang lain yang tidak sesuai kebutuhan. Terkadang saat tiba di area sale, kita suka lupa untuk memilih barang yang jadi kebutuhan. Malahan lebih sering melirik barang yang jadi keinginan. Kebutuhan dan keinginan itu hanya setipis kulit bawang😉
  • BUDGET. Tentukan budget, dengan begitu lebih mudah bagi Anda untuk menentukan barang mana yang akan dibeli. Bila memang harga yang ditawarkan sesuai dengan budget yang Anda persiapkan maka belilah barang tersebut. Bila tidak, maka Anda perlu menentukan prioritas apakah mencari barang sejenis dengan harga lebih murah atau tetap membeli dan memotong pengeluaran di pos lain.
  • Stay CalmSaat Sale tiba memang membuat kalap maka Anda perlu untuk tetap tenang agar dapat memilih dan berpikir dengan jernih. Bawa juga teman yang dapat memberikan saran secara tulus agar Anda tidak merasa kecewa bila ternyata sesampainya di rumah ternyata barang tidak cocok dan bukan impulsive buyer.
  • Ada uangnya. Anda boleh saja melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit namun pastikan bahwa saat jatuh tempo pembayaran uangnya ada! Tidak mau kan memulai tahun yang baru dengan hutang? Kalau tidak ada uangnya lebih baik Anda menahan diri sampai bonus turun misalnya. Tidak perlu memaksakan diri. 

Nah, mudah bukan untuk menjadi bijak dalam berbelanja di akhir tahun?!

Happy shopping ya😉