courtesy of gettyimages

courtesy of gettyimages

Gong Xi Fa Cai!

Sebait kalimat yang diucapkan saat Tahun Baru Imlek tiba, membawa harapan agar pada tahun baru semua orang mendapatkan kelimpahan berkah, kesehatan dan kemakmuran.

Tahun baru Masehi sudah berlalu satu bulan lebih sedangkan tahun baru Imlek baru saja dimulai.

Apa kabar kondisi keuangan selama satu bulan kemarin? Apakah arus kas positif atau negatif?

Arus kas yang sehat memiliki porsi seperti ini:

  • Tabungan atau Investasi minimal 10% dari penghasilan bulanan
  • Cicilan Hutang maksimal 30% dari penghasilan bulanan
  • Pengeluaran Lifestyle maksimal 20% dari penghasilan bulanan
  • Pengeluaran Rutin idealnya 40% dari penghasilan bulanan

Betapa sedih hati saya saat mendengar ada seorang sahabat yang masih “gali lubang tutup lubang” dengan kondisi keuangannya khususnya hutang kartu kredit!

Berhati-hatilah agar tidak terjerumus hutang kartu kredit apapun alasannya karena bunga yang dikenakan sangatlah besar, sekitar 40% per tahun!

Bahkan produk investasi apapun tidak mampu menandingi  besarnya bunga hutang kartu kredit!

Berikut ini merupakan cara untuk melunasi hutang kartu kredit:

  1. Hentikan pemakaian semua kartu kredit. Terkadang perlu juga untuk menutup kartu kredit yang dimiliki agar Anda tidak tergoda untuk menggeseknya!
  2. Hitung semua aset yang dimiliki. Apa saja yang dapat dijual dan menghasilkan uang sebaiknya Anda jual. Hasil penjualannya bisa digunakan untuk membayar hutang kartu kredit. Tidak ada gunanya memiliki barang namun kondisi keuangan berantakan apalagi benda tersebut didapatkan dari berhutang.
  3. Hitung kemampuan membayar setiap bulannya. Minimal pembayaran kartu kredit adalah sebesar 10% dari jumlah tagihan. Contoh, Anda harus membayar tagihan kartu kredit pada bulan pertama yang jumlahnya Rp10juta yang minumum payment-nya Rp1juta setiap bulan. Maka pada bulan kedua dan seterusnya, sebaiknya Anda tetap membayar Rp1juta setiap bulannya agar hutang Anda segera lunas! Kalau setiap bulan hanya membayar minimum payment, sudah pasti hutang kartu kredit Anda tidak akan pernah berkurang karena bunga yang terus berjalan akibat tidak berkurangnya hutang.
  4. Hitung penghasilan tahunan. Penghasilan tahunan seperti THR dan bonus dapat membantu percepatan pelunasan hutang kartu kredit.
  5. Bicara kepada keluarga. Saat hutang Anda sudah terlampau besar dan tidak mungkin lagi dilunasi sendiri, ada baiknya bicara jujur kepada orangtua. Meminjam uang tanpa bunga kepada orangtua  untuk melunasi hutang kartu kredit lebih baik ketimbang terlilit bunga. Berkomitmenlah untuk mengembalikan pinjaman uang orangtua sesegera mungkin, tunjukkan bahwa Anda telah mengalami pembelajaran dari masa lalu dan bertanggungjawab.

Maka saat Anda ingin menggunakan kartu kredit, pertimbangkan apakah benar ada dana untuk membayar lunas saat tagihan datang!

Let’s start new year with a new you!

A new year that free from debt!

Semoga bermanfaat.

@HoneyJT