Kembali memiliki buah hati yang kedua artinya bersiap untuk mulai merencanakan si anak akan bersekolah di sekolah mana pada saatnya nanti  dan yang pasti erat kaitannya dengan uang atau yang sering disebut Dana Pendidikan.

Kebetulan sekali saya berkesempatan hadir di Sun Life Edufair, pameran pendidikan yang mempertemukan sekolah-sekolah, pakar pendidikan, orang tua dan anak-anak  yang diadakan oleh PT Sun Life Financial Indonesia di Main Atrium Senayan City, Jakarta 28-31 Januari 2016. Acara ini bertujuan untuk mengedukasi para orang tua akan pentingnya untuk mulai mempersiapkan pendidikan anak mereka di masa depan sejak dini dan memberikan saran tentang cara mempersiapkan dana pendidikan anak mereka melalui acara bincang-bincang bersama para pakar dan diskusi interaktif antara anak, orang tua, sekolah dengan Sun Life.

IMG_20160128_125755

Acara dibuka dengan penampilan Tari Saman dari SMP Garuda Cendikia yang dilanjutkan dengan peluncuran Ensiklopedia Asuransi Pertama di Indonesia dan Money Board Game.

IMG_20160128_133435

IMG_20160128_135641

“Sun Life Edufair merupakan bukti komitmen PT Sun Life Financial Indonesia untuk pendidikan di Indonesia yang lebih baik. Pendidikan selalu menjadi fokus dalam kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan kami,” kata Ibu Elin Waty selaku Direktur Utama PT Sun Life Financial Indonesia.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan kenaikan biaya pendidikan merupakan salah satu yang tertinggi, sekitar 10% setiap tahunnya.

Melihat kenyataan seperti itu, pakar pendidikan Prof. Dr. H. Arif Rahman, M.Pd berbicara mengenai pentingnya menyiapkan perencanaan keuangan untuk pendidikan anak-anak. Bapak Arif juga menambahkan, “Banyak ditemukan penunggakan uang sekolah oleh orang tua murid dikarenakan kurangnya perencanaan. Masyarakat Indonesia cenderung spontan termasuk dalam persiapan dana pendidikan. Kita perlu financial literacy dan planning yang baik agar tidak ada lagi anak tidak bisa sekolah hanya karena dananya kurang.”

IMG_20160128_141425

-@HoneyJT-